Inilah Hewa Reptil Yang Unik di Dunia Ini

Saat ini manusia mengenal 7000 jenis reptil. Bentuk dan rupa yang beragam menjadikan fauna ini termasuk yang unik. Kami pilihkan beberapa yang paling aneh yang tidak bisa di temuyi di jarang tempat. Biar anda gak penasaran langsung saja.



Berikut 10 reptil yang unik.

1. Hantu gunung penakluk gurun.



Terkadang bentuk kadal bisa sangat serupa dengan namanya. Mountain Devil Lizard yang berumahkan di benua Australia ini memiliki habitat yang tidak lazim, yakni gurun pasir. Kemampuannya mengumpulkan air dari udara.

2. Embel-embel membawa petaka.




Frilled Lizard alias kadal berjumbai tampil gahar jika berhadapan dengan mangsa atau rivalnya. Diameter 
lapisan kulit di sekitar leher yang mirip kerah itu bisa mencapai 30 centimeter.

3. Sensasi mungil.




Brookesia micra adalah nama yang diberikan buat reptilia paling kecil di dunia. Panjangnya yang cuma mencapai 23 hingga 29 milimeter dan warna kulitnya yang kecoklatan membuat fauna ini nyaris tak terlihat di hutan yang menjadi habitat.

4. Warna warni kadal bersisir.




Bunglon Panther adalah jenis kadal yang paling mencolok. Warna pada kulitnya sangat beragam, mulai dari abu-abu hingga hijau, atau merah jambu dan ungu.

5. Triceratops mini.




Kendati bertubuh mungil, bunglon tanduk yang panjangnya bisa mencapai 38 centimeter ini masih lebih besar ketimbang beberapa jenis reptil yang lain. Bunglon ini menjadikan hutan di pegunungan Afrika Timur sebagai habitatnya.

6. Penyelam Andal dari Galapagos.




Iguana laut yang berasal dari kepulauan Galapagos dikenal sebagai penyelam andal. Fauna ini bisa bertahan selama 30 menit di bawah air ketika mencari mangsa.

7. Naga dari Indonesia.





Hingga 70 kilogramm berat kadal terbesar di muka bumi ini. Bahkan rusa atau babi hutan sekalipun tidak terlalu besar buat menjadi santapan Komodo.

8. Ular hijau penghuni pohon.




Piton hijau menyukai pemandangan dari ketinggian. Reptilia yang sering diperdagangkan secara ilegal ini hidup di pucuk pohon yang menjulang hingga 25 meter. Piton hijau hidup di Australia dan Papua.

9. Mulut karet Si pemakan telur.




Contoh paling ajaib bagaimana tampilan luar bisa menipu adalah ular bernama latin Dasypeltis. Ular pemakan telur asal Afrika ini memiliki rongga mulut yang berfungsi layaknya karet dan mampu menelan obyek yang besar.

10. Aneh tapi nyata.




Penyu mata mata adalah jenis penyu yang hidup di air tawar. Bentuknya yang unik memudahkan fauna ini untuk menyamar di bawah air. Penyu mata mata biasa ditemukan di Bolivia atau Brasil.
Itulah 10 reptil langka yang unik dan aneh yang pernah ditemukan di dunia ini. Semoga informasi di atas dapat memperkaya wawasan kita akan keanekaragaman fauna, khususnya reptil.
(Sumber: pulsk)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »