Inilah Orang Paling Berani, Orang Ini Dengan Beraninya Berdiri Menghadap 2 Tank Sekaligus


Manusia Tank (Tank Man, Unknown Rebel) dinamai demikian bukan tanpa sebab. Pasalnya, memang tak ada seorang pun di dunia ini yang mengetahui (atau berani mengungkapkan) siapa dia sebenarnya. Meski anonim, sosoknya bahkan masuk ke dalam daftar 100 Tokoh Paling Penting Abad Ini versi majalah TIME.

Potret paling terkenal yang menggambarkan peristiwa ini adalah foto karya Jeff Widener (Associated Press) yang di ambil dari lantai ke-6 Beijing Hotel dengan lensa 400 mm. Versi terkenal lainnya adalah foto yang diambil oleh fotografer Stuart Franklin dari Magnum Photos. Foto karyanya memiliki jangkauan pandang yang lebih luas dari foto karya Widener dan memperlihatkan lebih banyak tank di depan sang Tank Man. Franklin juga berhasil memenangkan penghargaan World Press untuk foto itu. Foto tersebut juga termasuk ke dalam "100 Photos that Changed the World" (Ind: seratus foto yang mengubah dunia)






Manusia Tank menjadi terkenal setelah ia berdiri di depan 59 tank militer China yang telah membubarkan demonstran di Tiananmen Square, Beijing pada 5 Juni 1989. Ia secara sengaja menutupi jalur kendaraan tersebut. Saat tank bergerak ke kiri, pria tersebut berpindah ke kiri. Begitupun sebaliknya. Pria tersebut bahkan tak gentar berjalan ke arah barisan tank – justru tank yang berhenti dan menjaga jarak dengannya.

Pria tersebut kemudian terlihat menaiki tank tersebut, lalu berbicara dengan awak tank. Kemudian, ia nampak berjalan santai meninggalkan area tersebut sebelum kemudian digiring oleh petugas. Hingga saat ini, tidak ada yang tau bagaimana nasib Manusia Tank tersebut – apakah hidup bebas atau dihukum akibat keberaniannya?

Hal terakhir yang beredar ialah ucapan Manusia Tank kepada awak tank, yang membuat orang terkagum: “Why are you here? My city is in chaos because of you.” (wajibbaca)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »