Peradaban Kuno Ini Hilang Secara Misterius

Peradaban kuno yang pertama adalah lembah Indus, terletak di daerah yang saat ini sebagai negara Pakistan, peradabaan ini diperkirakan ada sekitar 4.500 tahun yang lalu. Peradaban ini ditemukan ketika dilakukan penggalian dan ditemukan sisa sisa peninggalan peradaban lembah indus. Penggalian ini dilatarbelakangi karena legenda di masyarakat tentang peradaban modern yang pernah ada di tempat tersebut. Dalam penggalian tersebut ditemukan sisa-sisa bangunan, sistem sanitasi kota modern, dan juga beberapa bukti matematika yang pernah ada pada jaman dulu. Sampai sekarang belum ditemukan teori hilangnya peradaban ini.

Inilah 4 peradaban kuno yang hilang secara misterius.


1. Kekaisaran Khmer, Kamboja.





Salah satu peradaban kuno yang hilang secara misterius adalah kekaisaran Khmer, peradaban kuno ini ditemukan dari legenda masyarakat disertai bukti tulisan prasasti dan diskusi beberapa ilmuan. Kekaisaran Khmer salah satu imperium di Asia Tenggara yang paling kuat, Diprediksi jika peradaban ini hilang karena wabah penyakit maupun perang antar keluarga kerajaan.

2. Kekaisaran Aksumite, Ethiopia




Peradaban kuno ini diyakini ada sejak abad ke 4 SM, Salah satu peradaban yang menguasai timur laut Afrika, Kekaisaran ini menyebar mulai dari Eritrea, Ethiopia utara, Yaman, Arab Saudi selatan dan utara Sudan, mereka memiliki alfabet tersendiri, Obelisk Axum merupakan salah satu bukti dari peradaban ini, mereka hilang secara misterius, berbagai pendapat peradaban ini hilang karena beberapa invasi dari kerajaan lain atau perubahan iklim yang ekstrim.

3. Minoa, Crete.




Peradaban yang ditemukan berkat penemuan puzzle yang berkembang 7000 tahun yang lalu, peradaban ini awal mula hanya mitos masyarakat semata, penggalian dan pencarian terus dilakukan dan akhirnya menemukan sisa-sisa peninggalan peradaban ini, diperkirakan hilangnya peradaban ini karena bencana besar yang melanda wilayah kerajaan.

4. Nabatean, Yordania.




Bangunan megah dan kokoh yang berdiri dari bongkahan tebing batu jordan dengan keindahan tiada tara, Petra, biasa mereka menyebut tempat ini yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari peradaban Nabatean, Peradaban ini mulai meninggalkan Petra tanpa sebab, ada yang mengatakan karena invasi dari kekaisaran romawi, ada juga yang mengatakan jika mereka berpindah karena seluruh tempat telah dikuasai oleh bangsa Arab.
Ya itulah kuasa Allah dengan kehendaknya semua bangunan atas peradaban bisa hilang dengan sekejap. Hal itu untuk membuat kita lebih beriman kepada Allah. Selain itu masih banyak lagi bangunan yang hilang dengan sekejap.
(Sumber: gelut)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »