Negara - Negara Ini Tidak Menerapkan UN (Ujian Nasional)

Fenomena UN memang sangat menakutkan bagi semua siswa, karena nasib mereka selama tiga tahun ditentukan dengan ujian yang dilaksanakan dalam beberapa hari dalam seminggu.

 

Selain Indonesia, ada juga negara-negara yang melakukan hal serupa tapi ada juga negara yang justru tidak menerapkan ujian nasional seperti ini, kebalikannya. Negara-negara maju ini tidak memberlakukan ujian nasional karena berbagai macam alasan. Berikut ulasannya!

1. Finlandia.



Finlandia adalah sebuah negara yang memiliki peringkat terbaik di duna, tapi anehnya negara ini nggak menerapkan ujian nasioan untuk mengevaluasi siswanya, tapi mereka memberikan hak kepada guru yang paling berhak untuk mengevaluasi muridnya. Guru di Finlandia dianggap paling tahu kemampuan muridnya. Oleh karena itu ujian nasional ditiadakan. Tak heran jika guru di Finlandia memiliki gaji tertinggi di dunia.

2. Jerman.




Selain Finlandia, Jerman adalah salah satu negara yang memiliki kemajuan begitu pesat dalam bidang pendidikan, meski terpaut beberapa tingkat dari Finlandia tapi di Jerman, pemerintah tidak menerapkan ujian nasional sama seperti Finlandia.

3. Amerika.



Negeri Adidaya yang terkenal lewat kekuatan militernya ini juga nggak melulu mengurusi bagaimana mereka bisa menguasai dunia, tapi dari pendidikanlah sejatinya negara ini bisa sebesar seperti sekarang.

Ternyata Amerika Serikat tidak menerapkan ujian nasional, karena sistem pendidikan disana menuntut siswanya untuk bisa membuat pekerjaan bukan malah mencari pekerjaan. Keren kan?

4. Kanada.



Serupa tapi tak sama, Kanada juga tidak menerapkan ujian nasional, karena bagi mereka ujian nasional tidak ada hubungannya sama kemajuan di bidang Teknologi, namun para siswa diminta untuk mengembangkan kemampuan mereka di lapangan.

Itulah empat negara yang tidak menerapkan ujian nasioal, meski tidak menerapkan ujian, tapi beberapa negara ini sudah memiliki tindakan apa yang harus dilakukan demi menciptakan SDM yang berkualitas, dan belum barang tentu Indonesia seperti mereka jika melakukan hal serupa, atau malah lebih buruk lagi hasilnya.

(Sumber: keepo)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »