Hindari 6 Tahapan Ini, Setan Ingin Menyesatkan Manusia

Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari api dan mempunyai tugas untuk menggoda dan menyesatkan manusia. di dalam hal menggoda dan menyesatkan manusia berikut, ternyata setan mempunyai beberapa tahapan dalam menjalankan tugasnya. bagaimana sih tahapan tersebut? simak ulasan tentang 6 Tahapan Setan ini Menyesatkan Manusia berikut.

1. Diajak Pada Kekafiran, Kesyirikan, Serta Memusuhi Allah Dan Rasul-Nya
Tahapan pertama yang dilakukan oleh setan dalam usaha menyesatkan manusia adalah dengan mengajaknya ke dalam kekafiran, kesyirikan, serta mengajaknya untuk memusuhi Allah dan Rasul-Nya.

2. Diajak Pada Perbuatan Bid’ah

Langkah kedua yang dilakukan oleh setan yakni mengajak manusia untuk melakukan perbuatan bid’ah. Perbuatan yang seperti ini lebih disukai oleh setan dibandingkan dengan dosa besar dan maksiat lainnya.

Hal ini dikarenakan perbuatan bid’ah memiliki bahaya terhadap agama seseorang, membahayakan orang lain karena menjadi ikut-ikutan mengerjakan sesuatu yang tidak ada tuntutannya. Orang yang berbuat bid’ah akan sulit sadar untuk bertaubat karena ia merasa amalannya yang dilakukannya selalu benar. Selain itu, bid’ah juga menyelisihi ajaran dari Rasulullah SAW.

3. Diajak Pada Dosa Besar (al-kabair)

Apabila langkah yang kedua tersebut tidak berhasil dilakukan oleh setan untuk menyesatkan manusia maka mereka beralih kepada langkah yang ketiga yakni mengajak manusia untuk melakukan dosa besar. Mereka akan lebih mengutamakan untuk menggoda seseorang yang alim (berilmu) dan diikuti oleh banyak orang. Tujuannya adalah ketika orang yang berilmu itu tergoda, maka pengikutnya akan menyusul.

4. Diajak Dalam Dosa Kecil (ash-shaghair)

Akan tetapi bukan sebuah perkara mudah untuk menggoda manusia melakukan perbuatan dosa besar. Terlebih lagi apabila mereka telah berilmu dan memiliki pengetahuan agama yang luas. Namun setan tidak akan tinggal diam, ketika usahanya gagal untuk menjerumuskan manusia ke dalam dosa besar maka langkah yang diambil selanjutnya adalah mengajak manusia untuk melakukan dosa kecil. Ternyata dosa kecil juga memiliki bahaya yang tidak dapat dielakkan dan bisa membuat mereka jauh dari Allah. Oleh sebab itu, kita harus sebisa mungkin menghindari dosa kecil tersebut.

5. Disibukkan Dengan Perkara Mubah

Tahapan selanjutnya setan menyesatkan manusia adalah menyibukkan mereka dengan perkara yang mubah. Hukum dari melakukan perkara ini adalah boleh, namun tingkatan pahalanya sangat kecil. Ketika manusia disibukkan dengan perkara mubah, maka mereka akan luput untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.

6. Disibukkan Dalam Amalan yang Kurang Afdhal

Ketika semua cara di atas telah dilakukan oleh setan untuk menjerumuskan manusia namun tidak berhasil. Maka lagkah terakhir yang dilakukannya adalah dengan menyibukkan manusia dalam kegiatan atau amalan yang kurang afdhal. Setan senantiasa menggoda manusia agar luput dari pahala amalan utama dan terus mengerjakan amalan yang kurang afdhal. Hal ini dapat dilihat ketika manusia lebih mengutamakan amalan sunnah dibandingkan amalan yang diwajibkan oleh Allah SWT.

Nah, sahabat WB sekarang sudah tau kan tentang beberapa tahapan setan menyesatkan manusia. oleh karena itu mulai dari sekarang perkuatlah imanmu. jika dirasa bermanfaat jangan lupa share agar temanmu juga mengetahuinya.

sumber : wiwik setiawati
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »