Pria Ini Temukan Lukisan Seharga Rp 1,7 Triliun Saat hendak memperbaiki atap rumah yang bocor

 
Seorang pria di Toulouse, Perancis bak kejatuhan rejeki yang tak terduga. Saat hendak memperbaiki atap rumah yang bocor, pria ini malah menemukan lukisan karya pelukis Italia Caravaggio.

Pemeriksaan oleh ahli seni memperkirakan kalau lukisan itu merupakan satu dari dua versi lukisan Caravaggio yang dibuat tahun 1600an. Salah satu versinya dipajang di Galeri Nasional Seni kuno di Roma, Italia sedangkan versi lainnya yang kemungkinan ditemukan di Toulouse menghilang sekitar seabad setelah selesai dibuat.

Lukisan itu menggambarkan pemenggalan Holofernes, seorang jenderal tentara Nebukadnezar oleh Judith seorang janda cantik dari Bethulia. Jika lukisan yang ditemukan ini asli, maka nilainya bisa mencapai hingga 120 juta euro atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Saat ini Museum Louvre Perancis tengah melakukan pengujian yang bisa memakan waktu selama setahun hingga selesai. Kementerian Kebudayaan Prancis telah menjadikan lukisan ini sebagai harta nasional sehingga lukisan ini tidak dapat dibawa keluar dari Prancis sampai 30 bulan sementara para ahli memastikan keasliannya.

Michelangelo Merisi da Caravaggio adalah seorang pelukis Italia yang populer selama hidupnya pada akhir 1600an dan awal 1700an. Namun, karyanya segera terlupakan beberapa saat setelah kematiannya hingga akhirnya kembali dikenal pada abad ke-20. (wowkeren)

Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »