Inilah 5 Pesan Moral Yang Harus Kita Ketahui Sebagai Generasi

Ada banyak nilai kehidupan dan hal positif yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak di masa depan. Kita sebagai yang lebih dulu tahu dan mengerti, ada baiknya memberitahu mereka mulai dari sekarang. Minimal ketika kita berikan nasihat, mereka menganggukan kepala sebagai pertanda nasihat yang diberikan sudah masuk.


Pentingnya kita memberikan pesan dan nasehat kepada mereka adalah agar mereka bisa mengantisipasi kejadian yang mungkin bisa jadi buruk bagi dirinya di masa yang akan datang. Kita sebagai yang lebih dulu ‘ada’ fungsi dan tugas yang Tuhan berikan mungkin salah satunya memberitahu, memberi nasehat, dan memberikan pesan kebaikan kepada generasi setelah kita.
The Whole Truth About Kim Kardashian Pops Out ...The Whole Truth About Kim Kardashian Pops Out ...A Visit With the Most Horrifying and Scary Easter Bunnies of All TimeA Visit With the Most Horrifying and Scary Easter Bunnies of All TimeWhat happens to a person in a coma…Look!What happens to a person in a coma…Look!
Baik-buruknya, susah-senangnya, dan bagaimana nanti masalah yang sama dengan masalah yang sudah kita hadapi, akan generasi selanjutnya hadapi juga. Lantas apa pesannya?

1. Hormati orang tua.



Pesan standar ini mungkin akan sering ditemui pada setiap sesi pembelajaran di sekolah. Ketika guru Agama atau guru PKN ataupun juga guru-guru yang lain. Tapi kestandaran pesan ini tidak lantas hilang nilai urgensinya dalam sebuah pesan.

Siapapun kalian, kalian harus hormat pada orang tua. Untuk yang (mohon maaf) orang tuanya sudah tiada atau hidup bersama orang tua angkat, sayangi mereka. Tanpa alasan apapun kalian harus sayang dan hormat kepada mereka.

2. Hargai pendapat orang lain.



Ketika kalian sudah menjelma menjadi manusia yang dewasa, kalian akan berhadapan dengan orang-orang yang tidak selalu sejalan dengan apa yang kalian pikirkan. Kalian bilang A, dia bilang B bahkan ada yang bilang F.

Manusia pada dasaranya suka dengan kesamaan, tapi jangan lupa setiap manusia diciptakan berbeda-beda. Termasuk ketika mereka berpikir. Hasil buah pikir mereka akan berbeda, pendapat mereka akan lain dengan kalian. Hargailah. Karena ketika mereka berfikir berbeda, maka itu akan menabah pengetahuan.

3. Hargai keyakinan orang lain.



Setiap orang akan dilahirkan dengan fisik yang berbeda. Termasuk selain fisik yang berbeda, pemikiran yang berbeda, kalian juga akan menemui orang dengan keyakinan yang berbeda.

Apakah keyakinan hanya soal agama? Tidak selalu soal agama, ada ‘keyakinan’ yang lain. Hanya saja keyakinan disini merujuk tentang agama. Yah, agama apapun harus kalian hargai. Supaya mereka pun menghargai kalian. Nilai ini harus ditanamkan.

4. Bacalah buku.


Di era teknologi dan era yang serba cepat ini. Manusia pada umumnya akan menuntut hal yang serba cepat. Padahal cepat tidak selalu baik. Maka membaca buku adalah pesan yang selajutnya. Kenapa? Buku akan membuat kita lama untuk menatap sementara otak kita juga berfikir. Mengurai setiap kata-kata di dalam buku tersebut.

Yah, kecepatan tanpa proses berfikir akan mengakibatkan hal buruk. Cotohnya ketika kita copy-paste hasil karya orang lain, mungkin tidak akan ketahuan. Tapi, itu akan berakibat buruk terhdap tindakan jangka panjang. Kita akan selalu bergantung pada prilaku copy-paste tadi.

5. Berpikir positif.


Pesan terakhir adalah berpikir positif. Hal ini dirasa sangat perlu untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Agar tumbuh semangat dalam mengerjakan apapun, sesulit apapun dan akan timbul keyakinan diri bahwa ‘kita bisa menyelesaikan masalah apapun’.

Katakan pula pada diri kalian sendiri bahwa ‘aku bisa’, kerena secara ilmiah tubuh kita pada dasarnya digerakan oleh otak. Ketika otak menerima perintah dari kalian maka dia akan dengan sendirnya bergerak. Maka dari itu perintahnya harus perintah positif.

Disamping itu kita juga harus selalu optimis dalam keadaan apapun. Menumbuhkan optimisme harus dimulai dari sekarang. Mumpung masih muda, otak dan tenaga baiknya digunakan untuk hal yang positif.

(Sumber: idntimes)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »