Bisa Sebabkan Kematian, Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Menelan Permen Karet


Beberapa waktu lalu, WowKeren mengunggah artikel tentang masalah yang muncul jika kamu tak sengaja menelan permen karet. Permen karet sendiri merupakan jenis makanan yang susah dicerna dan berbahaya bagi tubuhmu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Melansir dari Boldsky, ternyata hal-hal di bawah inilah yang terjadi pada tubuhmu jika secara sengaja maupun tidak, telah menelan permen karet:


Ketahui Kandungan di Dalam Permen Karet


Permen karet mengandung bahan dasar seperti pewarna, gula atau pemanis, pengahrum, lemak, lilin, resin, elastomer (sejenis pelentur) dan pengemulsi.

Ketika permen karet tertelan, ia boleh jadi tak tersangkut ke tenggorokan dan bisa langsung ke perut. Di sanalah "perjalanan" lain permen karet di dalam tubuhmu akan dimulai.



Fungsi Hati


Di dalam perut, hati atau liver mengambil peran penting. Permen karet mengandung pewarna, pengawet dan beberapa zat adiktif lainnya. Hati akan menghilangkan kandungan berbahaya tadi sebelum terjadi alergi.

Perut


Selain itu (poin nomor 2), saat mencapai perutmu, zat asam akan memisahkan bahan tertentu yang merupakan kandungan dalam permen karet. Umumnya, gula, pelembut seperti gliserin dan zat penyedap seperti minyak peppermint akan dipisahkan.



Ketika Permen Karet Sampai ke Usus...


Setelah mencapai usus, tubuh membutuhkan sekitar 25-26 jam untuk mengeluarkan permen karet dari sistem pencernaan. Di saat seperti ini, tubuhmu tidak bisa disebut sedang dalam keadaan baik-baik saja. Permen karet bisa saja keluar dari tubuhmu bersama kotoran atau akan tetap di sana.

Bagaimana Jika Tubuh Gagal Mengeluarkannya dalam Sehari?


Jika sudah demikian, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter. Terutama jika suhu tubuhmu tiba-tiba naik drastis. Bahkan tekanan darahmu akan ikut naik jika tubuhmu tak sanggup mengeluarkan permen karet tersebut.



Gejala Lain yang Muncul


Menyingkirkan si permen karet tidak akan mudah bagi tubuhmu. Kamu akan mengalami berbagai masalah pencernaan seperti diare, juga merasa mual dan muntah. Beberapa orang mungkin juga akan mengalami ruam dan gatal-gatal. Oleh karenanya, berkonsultasi dengan dokter adalah langkah yang tepat jika tubuhmu gagal mengatasi gejala-gejala di atas atau alergi bahan tertentu di dalam permen karet.Sumber
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »