Pasar Unik, Semua Penjualnya Wanita, Pasar Ini Sudah Berusia 500 Tahun

Ada sebuah pasar yang tak biasa di kawasan Manipur, India. Pasar yang telah berusia 500 tahun ini hanya dihuni oleh penjual yang semuanya adalah wanita. Jadi tak mengherankan jika pasar tersebut memiliki nama lain "Mother's Market".

Namun dalam bahasa India, "Mother's Market" sering kali disebut dengan nama Ima Keithel. Ima Keithel adalah satu-satunya pasar yang semua penjualnya adalah wanita di kawasan Benua Asia dan mungkin juga di seluruh dunia.

Meski masih menjadi perdebatan, namun masyarakat yakin jika Ima Keithel sudah ada sejak abad ke-16. Para penjual di pasar itu dimulai dari era "Lallup" di mana kala itu para pria ditugaskan untuk melindungi raja, sedangkan para wanitanya bertanggung jawab dalam urusan tani dan perdagangan.

Untuk menjaga tradisi, hanya wanita yang sudah menikah diperbolehkan untuk berjualan. Selain itu, untuk anggota keluarga yang sudah matang diharapkan mampu meneruskan usaha keluarganya secara turun-temurun.



Meski telah diancam akan ditutup selama bertahun-tahun, pasar yang menjual segala macam kebutuhan ini tetap saja bertahan. Akan tetapi gempa yang terjadi pada Januari kemarin itu berhasil menghancurkan sebagian bangunan pasar dan menewaskan 9 orang.

Sementara itu, Ima Keithel juga menjadi salah satu destinasi bagi para turis asing saat berkunjung ke Manipur. Dengan ramah, para penjual tersebut akan menawarkan sejumlah kerajinan tangan serta hasil produk lokal mereka.

(wowkeren)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »