4 Cara Mudah Punya Rumah di Usia Muda


Gaya hidup mewah dan hobi bepergian yang lekat pada sebagian besar generasi milenial membuat mereka harus ekstra cermat dalam mengelola keuangan. Pasalnya meski berpeluang memiliki pendapatan tinggi, kebiasaan hidup yang boros akan membuat generasi ini di kesulitan di masa depan.

Perencaan yang baik diyakini bisa membuat pengeluaran kamu lebih tertata. Berikut beberapa tips dan trik lainnya untuk membantu generasi milenial memiliki hunian:


Hindari Sewa Hunian





Karena umumnya kelompok usia ini belum memiliki rumah maka hindari untuk menyewa hunian. Sebab biaya sewa bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar. Bahkan menurut riset yang dilakukan situs properti Zillow, menyewa hunian bisa menghisap sekitar 30 persen dari pendapatan bulanan.

Jika tidak lagi tinggal bersama keluarga, setidaknya pilih unit sewa yang mungil dan praktis. Dengan demikian kamu nggak perlu bingung mengisi perabot atau melakukan perawatan dan bersih-bersih.

Cek Aliran Keluar Masuk Dana





Untuk memastikan angka pengeluaran bulanan sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, lakukan pengecekan setiap minggu atau setiap bulan. Catat setiap pengeluaran yang kamu lakukan kemudian pertimbangkan kembali hal tersebut di akhir bulan.

Hindari melakukan pembelanjaan yang tidak perlu. Dengan begitu kamu nggak buang uang untuk hal yang sia-sia.

Manfaatkan Teknologi





Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengatur keuangan. Ada beberapa aplikasi ponsel pintar untuk mengelola anggaran.

Salah satunya Mint, dimana kamu bisa menetapkan target dan melacak pengeluaran setiap bulan secara tepat dan mudah. Dengan demikian, program penghematan bisa dilakukan lebih menyenangkan.

Jaga Reputasi Keuangan





Terakhir, perhatikan reputasi kredit kamu. Apabila memiliki kartu kredit, pastikan untuk membayar cicilan dengan lancar setiap bulannya.

Reputasi kredit akan berperan penting untuk kamu bila suatu hari nanti hendak mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Semakin baik reputasi kamu di mata Bank Indonesia (BI Check) maka kamu berkesempatan mendapat plafon pinjaman yang lebih besar. Jadi, sudah siap melakukan strategi penghematan?Sumber
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »