Pindah Sebelum Bumi Punah, 7 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Misi 'Mars One'


Mars digadang-gadang sebagai pengganti Bumi. Mars memiliki beberapa ciri Bumi yang diduga bisa menjadi planet tempat tinggal manusia di masa depan. Mars sendiri merupakan planet terdekat dari Bumi.

Belum lama juga NASA membuka lowongan untuk orang-orang yang ingin mencoba tinggal di Mars dalam misi "Mars One". Berikut fakta-fakta yang perlu orang awam ketahui tentang misi yang akan dilaksanakan pada tahun 2032 ini:


Bukan Satu-Satunya Misi Menuju Mars





Mars One bukan satu-satunya misi membawa manusia ke Planet Merah. Ada beberapa pesaing seperti NASA Space Launch System and Onion Orion spacecraft. Ada juga misi lainnya dari Rusia atau China. Ada juga Space X, Mars Society.

Jadi ini bukan satu-satunya. Namun semuanya masih dalam proses. Jadi mungkin siapa cepat dia dapat gitu kali ya sistemnya.

Pakaian Khusus Mars





Atmosfer Mars ditemukan sangat tipis dan memiliki banyak kandungan karbondioksida. Suhu di Mars berkisar antara 27 derajat Celsius dan -143 derajat Celsius sehingga para astronot membutuhkan pakaian khusus untuk beraktivitas di luar tempat tinggal mereka.

Pakaian ini masih dalam proses desain namun pastinya harus cukup fleksibel dan mampu melindungi mereka. Selain itu gravitas di Mars tidak sekuat di Bumi. Jika berat badan kamu di Bumi 100 kg makan di Mars berat badan kamu hanya sebesar 38 kg.

Rumah Khusus





Tempat tinggal para astronot ini pun khusus. Mereka akan tinggal di sebuah rumah dari karet yang akan dibangun dengan teknologi khusus.

Kemudian sisanya akan mereka tambahkan sendiri dengan bahan bangunan yang udah disediakan di sana. Jadi para astronot ini tetap bisa punya kamar sendiri, listrik hingga dapur.

Misi Tak Sama dengan Space X





Sebelumnya ada juga Space Exploration Technologies Corporation atau biasa dikenal Space X. Space X merupakan produsen kedirgantaraan dan perusahaan jasa transportasi luar angkasa yang didirikan pada 2002 oleh penemu kelahiran Afrika Selatan, Elon Musk.

Tujuan dari Space X adalah untuk membuat transportasi luar angkasa lebih murah sehingga manusia bisa berwisata dan menjelajah Mars. Namun dua misi ini jelas berbeda. Space X ini membuat manusia bisa bolak-balik Bumi - Mars. Sedangkan Mars One hanya perjalanan sekali jalan saja.

Misi Fokus Pada Tanah Mars





Pada 2022, Mars One akan meluncurkan Mars Bound Demonstratio Mission. Ini merupakan misi penting sebelum para astronot menjalankan tugasnya di Mars. Misi ini tidak membawa awak namun mengemban tugas penting untuk mengecek kehidupan di Mars.

Pesawat pada misi tersebut terdiri dari kamera untuk merekam segala hal di Mars, sebuah panel surya, untuk menguji apakah nanti para astronot mendapatkan cukup energi. Yang paling penting percobaan kadar air di Mars.

Untuk mengecek air di Mars, dibutuhkan tanah Mars. Jika ditemukan kandungan air di Mars yang aman dikonsumsi manusia maka pada Mars One tidak perlu membawa banyak air dalam misinya.

Pelatihan Astronot Sudah Dimulai





Setelah resmi terpilih, kini para astronot menjalani pelatihan tahun ini hingga 2031. Setiap tim yang terdiri dua laki-laki dan dua perempuan menjalani pelatihan setiap beberapa bulan dalam setahun.

Salah satunya adalah dengan menghabiskan waktu bersama di lokasi antah berantah. Ini bertujuan supaya mereka saling mengenal dengan baik satu sama lain.

Selain itu mereka juga dilatih untuk melakukan perbaikan alat, prosedur medis dan tanam-menanam makanan di tempat mereka tinggal. Mereka juga dilatih hidup di daerah terpencil dengan medan dan kondisinya nggak beda jauh dengan Mars.

Astronot Pertama Sudah Dipilih





Misi ini membuka lamaran bagi siapa saja yang ingin mencoba Mars. Ribuan lamaran masuk. Proses seleksi dimulai pada 2013 dengan aplikasi online dan wawancara.

Setelah proses tersebut, terpilihlah 24 orang yang akan dibagi menjadi enam tim yang terdiri dari empat orang pada 2016. Dan merekalah yang akan ke Mars pada 2032.Sumber
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »