Rentan Bakteri, 5 Jenis Makanan Ini Bakal Jadi Racun Tubuh Jika Dipanasi Ulang


Terbiasa memanaskan ulang makanan? Hentikan kebiasaan itu segera karena dampaknya bisa sangat buruk untuk tubuh dan kesehatanmu.

Selain karena kandungan gizi dalam makanan dapat berkurang, hal ini juga dapat menyebabkan berkembangnya bakteri E-coli atau Salmonella. Melansir dari Boldsky, berikut ini jenis makanan sehari-hari yang sebaiknya dikonsumsi saat masih segar dan tidak dipanasi ulang.


1. Telur




Telur baik dikonsumsi saat masih segar. Kamu sebaiknya tidak perlu memanasi telur yang sudah matang. Bakteri bisa berkembang pada suhu sampai 60 derajat Celcius dan merusak makanan hingga membuatmu sakit.

2. Kentang




Tidak semua jenis kentang berbahaya jika dipanasi ulang. Hal ini tergantung pada seberapa baik kamu menyimpan setelah memasaknya. Kentang adalah jenin makanan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri Clostridium Botulinum. Jika kamu membiarkannya saja pada suhu ruangan dan tidak segera mendinginkannya, ini akan membuat bakteri tubuh subur.

3. Nasi




Nasi juga tidak baik jika dipanaskan kembali. Ini karena bakteri bisa berkembang biak jika nasi tidak disimpan dengan baik atau terlalu lama. Nasi yang dipanaskan juga bisa meningkatkan risiko keracunan makanan.

4. Daging Ayam




Daging ayam merupakan tempat berkembang biak yang paling baik untuk bakteri seperti E-coli dan Salmonella. Bakteri ini bisa membuatmu diare atau keracunan makanan. Jika ingin memanaskan lagi, daging ayam harus dimasak dan disimpan dengan benar.

5. Bayam dan Seledri




Sayuran jenis bayam dan seledri mengandung nitrat yang berubah menjadi nitrit karena ada bakteri. Asupan nitrit yang sangat tinggi melalui diet dapat meningkatkan risiko kanker. Itulah kenapa makanan jenis ini tidak boleh dipanaskan kembali.

Selain kelima jenis makanan di atas, minyak goreng juga berbahaya jika digunakan berulang-ulang. Jika kamu memanaskan minyak untuk menggoreng sesuatu, ini bisa merusak struktur minyak dan menghancurkannya. Saat dipanaskan lebih dari 190 derajat Celcius, zat beracun akan terakumulasi dan meningkatkan kadar lipoprotein, kolesterol LDL.Sumber
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »