Mengejutkan, Ternyata 6 Hal Sepele Ini Bisa Sebabkan Kalian Mengalami Penuaan Dini


Kalau kalian berpikir jika makeup bisa menutupi kulit keriput dan gejala penuaan dini lainnya, itu salah besar. Faktanya, makeup hanya menutupi beberapa bagian kecil saja dari kulit yang keriput. Makanya nggak ada salahnya buat mencegah penuaan dini.

Buat kamu yang sudah rajin menggunakan tabir surya dan krim mata secara rutin, sebenarnya ada beberapa penyebab penuaan dini yang terlewat. Dilansir dari Purewow ternyata ada 6 aktivitas sepele yang justru mempercepat penuaan dini. Apa saja? Berikut ulasannya.


1. Waktu Senggang





Menurut penelitian terbaru dari Research Society on Alcoholism, waktu senggang juga bisa menjadi penyebab penuaan dini. Apalagi kalau kalian menghabiskannya dengan ngemil makanan dan minuman yang kurang sehat.

Bahkan, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, minum koktail, alkohol dan minuman bersoda dapat menyebabkan kerusakan kulit pada tingkat sel, serta penyakit lainnya. Nggak terkecuali jantung, diabetes, kanker dan demensia.

2. Perjalanan Harian





Kalian pasti harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk perjalanan beraktivitas setiap hari. Hal itulah yang memicu stres dan menyebabkan peningkatan bintik-bintik hitam di kulit wajah. Hal itu terungkap dari sebuah studi dari Journal of Investigative Dermatology.

3. Stres Pekerjaan





Selain stres si perjalanan, stres dengan beban kantor juga bisa memicu penuaan dini. Menurut salah satu studi di Umea University, stres yang timbul akibat aktivitas otak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer serta penuaan dini.

Bahkan pada beberapa penelitian lainnya menemukan bahwa stres yang berhubungan dengan pekerjaan dapat menyebabkan perubahan berbahaya pada DNA. Perubahan itu dapat berkaitan dengan munculnya penyakit degeneratif.

4. Postur Tubuh





Selain menyebabkan sakit di bagian lher, postur tubuh yang salah juga dapat menyebabkan tulang melemah. Tentunya hal itu meningkatkan kelengkungan di tulang belakang.

Padahal, menurut penelitian dari University of Idaho hal tersebut sangat berkaitan dengan kemampuan kognitif otak. Semakin baik postur tubuh orang dewasa, maka kemampuan kognitifnya juga semakin meningkat, termasuk daya ingat.

5. Kurang tidur





Nggak bisa dipungkiri lagi kalau tidur adalah hal yang apaling penting di berbagai aspek kehidupan. Ternyata, kurang tidur dalam jangka waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, menurut sebuah studi dari University Hospitals Case Medical Center, orang yang kurang tidur juga menunjukkan penuaan pada kulit wajah mereka. Termasuk munculnya garis-garis halus dan pigmentasi yang tidak merata.

6. Perangkat Elektronik di Sekitarmu





Terakhir adalah perangkat elektronik yang ada di sekitarmu. Sebuah studi dari University of Melbourne mengatakan bahwa ponsel adalah pemicu kerusakan pada indra penglihatan. Selain itu, cahaya biru dari perangkat elektronik dalam jangka panjang juga menyebabkan penuaan dini.

Itulah beberapa hal sepele yang sering kita lakukan sehari-hari tapi justru memicu penuaan dini. Untuk itu, kalian perlu lebih menjaga kesehatan dan mengatur pola hidup sehat yang lebih baik. Semoga kalian bisa terhindar dari penuaan dini. Sumber
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »