Viral Kopi Sachetan Terbakar Seperti Bubuk Petasan, Berbahayakah Buat Kesehatan?


Beberapa hari belakangan beredar sebuah video yang memperlihatkan bagaimana bubuk kopi sachetan berjenis kopi luwak memercikan api saat dinyalakan.
Banyak pihak yang mengatakan jika hal tersebut menyerupai bubuk petasan. Lalu apakah benar hal itu berbahaya bagi kesehatan?

Bagaimana terbentuknya api?

Sebelum lebih jauh membahas tentang bahayakah kopi sachetan yang mengeluarkan percikan api saat dinyalakan, alangkah lebih baiknya kita memahami dulu bagaimana api bisa menyala.
Proses terbentuknya api. (profesorku.com)
Secara sederhana, api bisa terbentuk apabila terdapat 4 unsur. Yakni bahan bakar, oksigen, panas, dan reaksi radikal yang berantai. Keempat hal inilah yang bisa menimbulkan api melalui proses kimia oksidasi.

Bagaimana terbentuknya api pada kopi sachetan?

Lalu bagaimana dengan terbentuknya api pada kopi sachetan? Sebagaimana diketahui, kopi sachetan pada merk tertentu memiliki kandungan krimer nabati tinggi. Yang mana kandungan itu termasuk dalam asam lemak tak jenuh.
Dalam bahasa Kimia, asam lemak tak jenuh memiliki ikatan C=C. Sehingga krimer nabati yang ada dalam kopi sachetan sangat mudah teroksidasi. Jadi,wajar saja jika bubuk kopi sachetan akan terbakar dengan mudah. Karena sudah memenuhi 4 syarat terciptanya api.
Pertama, bahan bakar (krimer nabati), kedua oksigen (udara, saat dibakar di ruang terbuka), ketiga sumber panas (korek api untuk membakar), dan keempat proses kimia.

Bahayakah hal tersebut bagi kesehatan tubuh?

Untuk menjawab hal ini, kamu bisa menggunakan dua dalil. Dalil pertama kamu merujuk pada pernyataan BPOM yang telah mengeluarkan rilis bahwa produk kopi tersebut aman dikonsumsi.
Aman minum kopi sachetan (penjagarumah.com)
Dalil kedua kamu bisa melakukan penelitian sendiri kandungan dalam kopi. Tentunya dengan menggunakan metode penelitian yang benar. Jika kita merujuk pada kandungan kopi sachetan yang kaya akan krimer nabati dan diduga menjadi pemicu percikan api. Maka tidak ada kata bahaya untuk mengkonsumsi kopi ini. Pasalnya, meskipun mudah teroksidasi. namun krimer nabati juga aman bagi tubuh kok.
Jadi, sekarang sudah tahu kan faktor munculnya percikan api dalam kopi sachetan. Jadi, kalau ada yang mengatakan kopi mengandung bubuk mesiu atau peledak. Itu hanyalah hoax! Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurutmu bermanfaat. (ss)
Baca Juga :
loading...

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »